BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Pages

Rabu, 30 Desember 2009

Resensi Buku Online Money Making


Judul Buku : Online Money Making
Penulis : David OdangCetakan : 2008
Penerbit :Elexmedia

Berjualan di internet sudah mulai banyak dilakukan oleh pelaku bisnis di Indonesia yang ingin mencari penghasilan dengan menggunakan media internet. Kehadiran internet menjadi sangat membantu karena dengan mudahnya setiap orang dapat terhubung (terkoneksi) satu sama lain walaupun mereka sangat jauh jaraknya hanya dengan menggunakan sebuah komputer atau laptop. Hal ini menyebabkan seseorang dengan mudahnya memperkenalkan atau mempromosikan sebuah produk melalui internet kepada teman-teman maupun kepada orang lain dimana saja lokasi mereka berada melalui media internet. Hal ini membuat pemasaran suatu produk tidak terbatasi lagi oleh batasan suatu wilayah, daerah, kota ataupun negara, semuanya dapat terhubung dengan mudah, satu sama lain melalui jaringan internet hanya dengan membuka komputer atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Bila kita berjualan dalam kehidupan sehari-hari baik dengan membuka toko maupun hanya terbatas dengan memasarkan produk ke teman-teman, maka kegiatan pemasaran produk tersebut terbatas oleh jangkauan pemasaran (networking) kita. Bila kita memasarkan produk ke teman-teman, maka batasan pemasaran kita adalah sampai berapa banyak teman yang bisa ditawari dan bisa kita temui. Sedangkan bila kita membuka toko, batasan pemasaran kita adalah berapa banyak calon pembeli yang datang ke toko kita dan biasanya juga jangkauan pemasaran (networking) toko kita terbatas pada suatu daerah atau kota. Tetapi dengan adanya internet, maka keterbatasan tersebut menjadi hilang, Anda cukup membuat sebuah website (toko online) di internet, dan setiap orang di seluruh indonesia dan dunia dapat mengakses (mengunjungi) toko online Anda, melihat-lihat dan membeli produk yang Anda tawarkan. Jadi kehadiran internet memungkinkan kita memasarkan produk dengan mudah baik ke seluruh indonesia maupun ke seluruh dunia, tidak ada batasan wilayah sama sekali, karena semua orang dapat mengaksesnya.
Tinggal sekarang bagaimana Anda menentukan rencana pemasaran produk Anda, apakah Anda akan melayani pembelian dari seluruh dunia atau hanya khusus pembelian dari negara indonesia saja. Hal ini tentunya menentukan pemilihan bahasa yang digunakan dalam toko online Anda dan juga metode pembayaran yang digunakan dalam website (toko online) Anda. Bila pemasaran produk Anda hanya melayani pembelian dari indonesia saja, maka Anda cukup dengan menggunakan media transfer bank, tetapi bila Anda melayani pembelian dari seluruh dunia maka toko online Anda harus menyediakan media pembayaran yang bisa menerima pembayaran dari seluruh dunia seperti dapat menerima pembayaran dari kartu kredit, untuk itu Anda perlu membuka account PayPal.

Dan salah satu hal lagi yang menjadi tantangan dalam berjualan produk di internet adalah biaya dan proses pengiriman produk. Karena sudah jelas, orang tidak akan melakukan pembelian atau jarang sekali melakukan pembelian jika biaya pengiriman barang melebihi atau lebih mahal dari harga produknya, kecuali produk tersebut adalah produk unik, tidak tersedia ditempat lain, atau hanya Anda satu-satunya yang menjual produk tersebut. Biaya dan proses pengiriman produk tersebut perlu Anda perhatikan sebagai bagian yang penting bila Anda memasarkan produk fisik di internet, sedangkan bila Anda memasarkan produk digital seperti software, video download, audio download, ebook, foto, image, dan file komputer lainnya, maka biaya dan proses pengiriman produk tidak ada, karena pengiriman produk biasanya dilakukan melalui download langsung dari internet.
Berjualan di internet prosesnya sama dengan berjualan dalam kehidupan sehari-hari, hanya berbeda medianya saja. Karena itu semua prinsip pemasaran dalam kehidupan sehari-hari perlu juga dipraktekkan dalam menjual produk di internet. Terlebih dalam menjual produk di internet dimana penjual dan pembeli tidak bertemu secara fisik satu sama lain, tentunya faktor kepercayaan dan hubungan akan memberikan peranan yang penting, agar proses penjualan bisa terjadi. Dan biasanya bila kepercayaan dan hubungan sudah terbina dengan baik, terjadinya pembelian kembali (repeat order) sangat mungkin terjadi, karena pembelian produk melalui internet sebenarnya lebih mudah dan simpel, pembeli tidak perlu repot-repot harus datang ke toko Anda, apalagi jika toko Anda berada di kawasan yang macet dan jauh jaraknya dari lokasi pembeli, maka pembelian online merupakan pilihan yang paling baik. Pembeli hanya perlu melakukan order di toko online Anda dan barang akan dikirimkan langsung ke alamat pembeli, lebih praktis.
Anda selaku penjual hanya perlu menampilkan foto produk dengan baik dan menjelaskan spesifikasi produk Anda dengan jelas dan detail, sehingga calon pembeli bisa langsung memutuskan pembelian produk di website (toko online) Anda tanpa harus datang ke toko atau bertemu dengan Anda.
Saran saya : ayo berjualan melalui internet selama itu menguntungkan dan tidak melakukan penipuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar